اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَا تُهُ
ARTICLE SEPUTAR MELAMAR PEKERJAAN
berhubung banyak yang request kepada saya untuk membuat article dalam cara melamar kerja via e-mail, maka dalam kesempatan kali ini saya akan buatkan, tapi tidak begitu luas saya jelaskan, jadi nanti saya akan memberikan link - link terpercaya ( Lupy Hakim ) untuk menjelaskan lebih detailnya..
berikut link - link yang berkaitan dengan ruang lingkup dalam melamar pekerjaan :
2. Berikut daftar alamat
perusahaan sekitar Bekasi, klik disini
3. Berikut situs info lowongan kerja
terupdate, klik disini
4. Berikut daftar situs-situs
loker, klik disini
6. Berikut adalah tuttorial
untuk meng-compress pdf, klik disini
7. atau jika ingin merubah atau mengedit softcopy .pdf menjadi .doc ( menjadi microsoft word ) bisa kamu lakukan tutorialnya dengan meng-klik disini
7. atau jika ingin merubah atau mengedit softcopy .pdf menjadi .doc ( menjadi microsoft word ) bisa kamu lakukan tutorialnya dengan meng-klik disini
dan pada kesempatan kali ini
saya akan men-shared pengalaman saya dalam melamar pekerjaan via e-mail, dan
ilmu itu pula saya dapat dari sebuah grup loker yang cukup terkenal ( Lupy
Hakim ), dan alhamdulillah berkat ilmu tersebut saya pernah sukses dalam mempraktekkannya,
melamar pekerjaan via e-mail,,
Makin banyak perusahaan yang
membolehkan para calon karyawan untuk mengirimkan lamarannya lewat email. Hal
ini tentunya menguntungkan baik bagi perusahaan maupun pelamar. Bagi
perusahaan, ini akan mengurangi jumlah surat lamaran dalam bentuk kertas yang
harus mereka terima dan arsipkan. Selain itu, lebih mudah bagi perusahaan untuk
mem-forward surat lamaran berbentuk email ke para usernya. Bagi calon karyawan,
ini akan menolong mereka untuk mengirimkan lamaran secara cepat. Jika Kamu
mengirimkan lamaran ke banyak perusahaan, dengan mudah Kamu dapat mengkopi
email lamaran Kamu sebelumnya dan menyesuaikannya. Tentu saja semua tips umum
menulis surat lamaran tetap perlu diikuti, berikut TIPS yang harus
kamu ketahui :
1.
Judul Email
Judul email Kamu haruslah
menolong penerimanya untuk segera mengetahui maksud dari email Kamu. Karena itu
tuliskan JUDUL atau SUBJEK yang jelas tetapi singkat. Sebagai
contoh, Kamu dapat menuliskannya Subjeknya sebagai berikut “Lamaran untuk Posisi Manajer
Pemasaran” atau juga “ Operator Produksi “ .
#Catatan: Baca
dengan baik iklan lowongan kerja tersebut. Sering kali mereka meminta Kamu
menuliskan kode tertentu di judul atau subjek email Kamu. Terutama jika pada
saat yang bersamaan mereka mempunyai beberapa lowongan pekerjaan.
2.
Dimana Surat Lamaran Ditulis?
Sering kali kita bingung apakah
perlu menuliskannya di badan email (menulis manual dikotak e-mail yang telah
tersedia atau dibawah SUBJEK) atau di file tersendiri (menulis CV
di word yang telah dijadikan softcopy/ .doc atau docx atau .pdf). Menurut teman
saya yang bekerja di bidang recruiting sebuah perusahaan multinational, Kamu
dapat menuliskan surat lamaran (cover letter / tulis manual) Kamu di badan
email. Artinya, perusahaan tetap akan menerima surat lamaran Kamu dengan baik.
Pengalaman saya, tidak pernah ada perusahaan yang menolak lamaran yang suratnya
dituliskan di badan email.
#Catatan: Baik itu
dengan cover letter atau softcopy lamaran tetap diterima yang penting terlihat
rapi, jelas, dan lengkap beserta dokumen lengkap dan asli yang kamu miliki.
3.
Bagaimana dengan Resume?
Jangan menulis resume Kamu di
badan email, dalam mengirim CV janganlah penerima e-mail ( KEPADA
) digabung ( CC ) ke perusahaan-perusahaan yang lain, jadi tuliskan dalam file
tersendiri dan jadikan sebagai lampiran email Kamu. Jadi satu e-mail untuk satu
perusahaan.
#Catatan: Menjadi
perhatian yang sangat penting untuk pelamar kerja dalam mengirimim e-mail,
perhatiakan lah e-mail perusahaan dengan baik dan teliti, jika e-mail tersebut
dibuat dengan penyedia e-mail seperti @gmail, @yahoo, @hotmail, dan lain-lain,
itu adalah bukan alamat e-mail asli sebuah perusahaan, tapi alamat e-mail
perusahaan yang asli itu yang berbayar tidak free seperti diatas, seperti
@epson.com, @unilever.com, @linclogistics.com, dan lain-lain. Jika mendapat
panggilan dari e-mail dari penyedia e-mail, awas HATI-HATI itu adalah penipuan
yang jika kamu samperin ke lokasinya itu nantinya kamu dimintai uang dengan
iming-imingan janji pasti masuk kerja
4.
Word, PDF, atau Text?
Biasanya perusahaan akan
menuliskan pada iklan lowongan kerja jenis file yang bisa Kamu kirim. Walaupun
umumnya meminta file MS Word, terkadang mereka mengijinkan Kamu untuk
mengirimkan file berformat pdf. Jika tidak disebutkan, kirimkan resume Kamu
dalam file MS Word (.doc). File text (ekstension .txt) lebih baik tidak
digunakan karena pada saat dikirim dengan email, file tersebut terkadang muncul
di badan email. Ini terutama jika Kamu menggunakan email gratis di Web, seperti
Yahoo!, Gmail, atau Hotmail.
5.
Ukuran Email
Usahakan ukuran email Kamu
tidak melebihi 300 kb. Ukuran email ini terutama dipengaruhi oleh ukuran file
yang di-attach. Karena itu periksa besar file yang Kamu lampirkan. Jika Kamu
diminta menyertakan foto, jangan masukkan file foto yang terlalu besar.
Perkecil ukuranya dengan menggunakan berbagai jenis program photo editor,,
#Catatan: atau bisa dengan adobe photoshop,, berikut tutorial resize dengan adobe photoshop yang sudah saya shared dibawah ini..
#Catatan: atau bisa dengan adobe photoshop,, berikut tutorial resize dengan adobe photoshop yang sudah saya shared dibawah ini..
6.
Email Signature
Email signature adalah text
yang dituliskan secara otomatis oleh provider email Kamu. Signature ini bisa
Kamu program sendiri, atau bagian dari iklan untuk penyedia jasa email
tersebut. Adanya signature ini mengurangi kesan profesional pada lamaran Kamu.
Email web gratis seperti Yahoo! dan Hotmail menambahkan signature ini secara
otomatis pada semua email yang mereka kirim. Sedangkan Gmail tidak. Inilah
alasan pertama saya memilih Gmail untuk mengirimkan lamaran-lamaran saya.
7.
Test Kirim
Untuk surat lamaran yang
dikirim lewat email, selain melakukan proof read, Kamu juga perlu melakukan
test pengiriman. Lakukan ini dengan mengirimkan email lamaran Kamu, lengkap
dengan attachment-nya ke email lain. Tentunya jangan kirimkan email percobaan
tersebut ke email perusahaan yang Kamu tuju. Kirim ke alamat email lain yang
Kamu punya. Jika Kamu hanya mempunyai satu alamat email, Kamu bisa membuat
alamat email baru di Yahoo!, Gmail, atau Hotmail. Apa pentingnya langkah ini?
Sering kali format email yang Kamu kirim berubah setelah sampai di alamat email
lain. Saat mengirimkan email dari Yahoo! ke Gmail, saya perhatikan spasi email
saya berubah dari satu menjadi dua. Tapi sebaliknya, email yang saya kirim dari
Gmail ke Yahoo! tidak berubah formatnya. Ini alasan kedua saya menggunakan
Gmail untuk mengirimkan lamaran saya. Tapi jika ingin lebih mudah dan terlihat
rapi kamu bisa merubah formatnya menjadi .pdf tapi jangan lupa untuk
meng-compressnya agar menjadi tidak lebih dari 300kb,
CARA KIRIM LAMARAN VIA E-MAIL :
1.
Buat Account email kamu, bisa dengan yahoo, gmail atau penyedia email
lainnya, pake nama alamat email yang lebih resmi. Misal jika namanya Mawardi
Sya’ban. Maka buatlah nama e-mailnya seperti mawardisyaban@gmail.com atau
mawardisyaban90@yahoo.com jangan di buat alay / nora dengan model seperti ini
syaban_cool@yahoo.com, khawatir ada HRD tidak suka atau udah pasti males di
baca/dibukanya karena terlalu alay nya dan terlihat main-main jika alamat
e-mailnya sepeti itu.
2.
Scan dokumen-dokumen kamu yang asli yaa jangan yang photo copy, dan dalam
menyecan dokumen kamu bisa lakukan ditoko-toko buku atau warnet-warnet terdekat
yang ada mesin scannya/ printernya dan jangan lupa saat menyecan dokumen
mintalah untuk diformat .JPG dengan kualitas gambar yang hight
atau low yang penting gambar itu terlihat jelas dan tidak burem saat di zoom,
tapi jika ingin mengkompress sendiri mintalah untuk format .PNG
karena mengkompress dengan Adobe photoshop tidak bisa menggunkan .JPG
atau .JPEG jadi harus .PNG , kemudian save
diflashdisk kamu atau hp kamu, Dokumen-dokumen yang harus kamu sacan seperti:
1. Scan Foto asli,
2. Scan KTP asli,
3. Scan Ijasah Terakhir asli,
4. Scan Transkip Nilai asli, dan
5. Scan Paklaring di PT Terakhir asli
Paklaring (cukup 1 aja) Kenapa cuma 5 dokumen itu aja? dan kenapa paklaring cukup 1 saja? Biasanya pembuat info lowongan via email memiliki catatan khusus yaitu besaran email yg boleh dikirim, dan rata-rata maks 300 kb, jadi untuk mengejar target 300kb itu, jalan satu-satunya adalah memilih /menseleksi dokumen-dokumen yg kita punya, jika saat membuat CV yang telah memasukan dokumen-dokumen yang telah kamu scan masih lebih dari 300 kb maka kamu masih butuh mengompress gambar biar lebih kecil dari size aslinya, dan gimana caranya ngecilin gambar tanpa mengurangi banyak kualitas (pitcture terlihat buram atau tidak jelas), ikuti langkah berikut :
1. Scan Foto asli,
2. Scan KTP asli,
3. Scan Ijasah Terakhir asli,
4. Scan Transkip Nilai asli, dan
5. Scan Paklaring di PT Terakhir asli
Paklaring (cukup 1 aja) Kenapa cuma 5 dokumen itu aja? dan kenapa paklaring cukup 1 saja? Biasanya pembuat info lowongan via email memiliki catatan khusus yaitu besaran email yg boleh dikirim, dan rata-rata maks 300 kb, jadi untuk mengejar target 300kb itu, jalan satu-satunya adalah memilih /menseleksi dokumen-dokumen yg kita punya, jika saat membuat CV yang telah memasukan dokumen-dokumen yang telah kamu scan masih lebih dari 300 kb maka kamu masih butuh mengompress gambar biar lebih kecil dari size aslinya, dan gimana caranya ngecilin gambar tanpa mengurangi banyak kualitas (pitcture terlihat buram atau tidak jelas), ikuti langkah berikut :
a)
Buka Adobe photoshop, kemudian klik file dan pilih open
d) Klik lagi “ JPEG “ jika tidak ketemu, letaknya ada dibawah tombol done dibawah tulisan Preset. Disitu ada pilihan “ GIF, JPEG, PNG-8, PNG-24, dan WBMP “ pilih yang “ JPEG “
f) Ubah size ukurannya sekecil mungkin. Agar saat membuat CV tidak melebihi 300kb dikarenakan size gambar nya besar
g) Setelah mengatur size gambar klik Save dan pilih lah save as typenya “ .JPG dengan nama sesuai dokumennya, jika itu KTP namakanlah KTP
h) Klik SAVE dan selesailah cara mengkompress gambar dengan adobe photoshop.
3.
Langkah selanjutnya adalah membuat lampiran, dan berikut adalah beberapa contoh
lampiran yang saya dapat dari beberapa group loker yang men-shared CV nya
kedalam file group tersebut
CV Dudung (contoh CV yang saya buat yang bisa kamu edit), klik disini
CV Dudung (contoh CV yang saya buat yang bisa kamu edit), klik disini
CV Firas, klik disini
CV Andit, klik disini
CV Arif, klik disini
CV Nadzir, klik disini
Jika sudah maka cek lah size
softcopy CV yang kamu buat tadi, pastikan tidak melebihi 300kb, jika masih
melebihi maka kamu harus menjadikan softcopy CV kamu menjadi .PDF
dan kompress lah dengan tutorial yang saya shared caranya diatas.
4.
Caranya:
1. Buka Account yahoo atau
gmail kamu yang sudah di buat, lalu pilih
compose message/tulis pesan.
2. Pada To: masukan alamat
email yg dituju
3. CC kosongkan.
4. Pada subject, isi nama
posisi yang ingin kamu lamar atau kode posisi bila memang di minta, misal
" operator produksi " jadi harus sesuai dengan posisi yang
diminta dari info loker tersebut.
5. Masukan lampiran ke email
dengan cara mengklik Attachmen/lampiran dan klik attach file.
6. Jika ingin cover letter atau
pakai cara lain tidak seperti diatas maka Pada badan email isi/tulis layaknya
kita membuat surat lamaran pekerjaan.
7. Email siap dikirim,, Bismillah_
#INFO PENTING#
EMAIL GAGAL TERKIRIM BUKAN KARENA EMAILNYA DAH KADALUWARSA, TAPI BISA JADI BELUM ADA LOWONGAN TRUS EMAILNYA DINONAKTIFKAN BIAR INBOK PERUSAHAAN GA PENUH. NAMANYA JUGA EMAIL BERBAYAR, BISA DINONAKTIFKAN KAPAN SAJA. SO, KIRIM AJA EMAIL TIAP HARI, SIAPA TAU REJEKI PAS NGIRIM LAMARAN LAGI ADA LOWONGAN TRUS KEBACA AMA HRDNYA DAN SYARATNYA SESUAI AMA KUALIFIKASI YANG DIINGINKAN PERUSAHAAN. NAMANYA JUGA USAHA. MAKIN BANYAK LAMARAN YANG DIKIRIM, MAKIN BANYAK KESEMPTAN DIPANGGIL. DAFTAR EMAIL DIATAS BUKANLAH HASIL MENGARANG, TAPI DIKUMPULIN DAI POSTINGAN SOBAT LUPY YANG DAPET PANGGILAN, SITUS-SITUS PENCARI KERJA MAUPUN WEBSITE PERUSAHAAN LANGSUNG;
sumber : info loker terpercaya dan terupdate dari " LUPY HAKIM "
jika ada pertanyaan atau saran,
silahkan coments disini
No comments:
Post a Comment